View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)D1E010243
Nama MahasiswaGILANG DWI ANGGORO
Judul ArtikelSTUDI KUALITAS LAYANAN PENYULUHAN SAPI PERANAKAN ONGOLE KEBUMEN
AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kualitas pelayanan penyuluhan dan aspek yang terkait terhadap kualitas pelayanan penyuluhan yang meliputi bukti langsung, jaminan, daya tanggap, empati dan kehandalan. Responden yang digunakan adalah 100 peternak sapi Peranakan Ongole Kebumen dengan minimal 1 tahun pengalaman budi daya dan minimal telah mengikuti 1 kali penyuluhan peternakan. Penelitian menggunakan metode pengambilan sampel bertahap. Kuesioner digunakan untuk mengetahu skor kualitas pelayanan penyuluhan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif yang meliputi rataan dan modus untuk menggambarkan tingkat kualitas layanan penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peternak (92 persen) menyatakan tingkat kualitas pelayanan penyuluhan sapi peranakan ongole di Kebumen cukup tinggi. Sebagian besar peternak ( > 90 persen) menyatakan bahwa dimensi bukti langsung, , daya tanggap, empati dan kehandalan tergolong tinggi. Namun demikian pada dimensi jaminan, peternak yang menyatakan tinggi dibawah 90 persen . Kesimpulan kualitas pelayanan penyuluhan sapi peranakan Ongole di Kebumen tergolong tinggi yang meliputi dimensi bukti langsung, jaminan, daya tanggap, empati dan kehandalan.
Abstrak (Inggris)This study aims to determine the level of quality of extension services and related aspects of the quality of extension services which includes tangibility, assurance, responsiveness, empathy and reliability. The respondents were 100 farmers of Kebumen Ongole Crossed cattle with at least 1 year of farming experience. The study used a multistage sampling method. Questionnaires are used to find out the quality of extension services. Data were analyzed by using descriptive statistic analysis including mean and mode to describe level of quality of extension service. The results showed that most farmers (92 percent) stated that the level of extension service quality is quite high. Most farmers (> 90 percent) state that the dimensions of tangibility, responsiveness, empathy and reliability are high. However, on the assurance dimension, the farmers stated high were below 90 percent. The conclusion was quality of extension service is high, including tangibility, assurance, responsiveness, empathy and reliability.
Kata KunciKualitas Penyuluhan, Dimensi Kualitas penyuluhan, Sapi Peranakan Ongole
Nama Pembimbing 1Mochamad Sugiarto
Nama Pembimbing 2Lucie Setiana
Tahun2017
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0573 seconds.