View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1B013059
Nama MahasiswaMAYA MEILITA
Judul ArtikelPERSEPSI MAHASISWA PEROKOK PADA IKLAN BAHAYA ROKOK DAN IMPLEMENTASI PADA PERILAKU PENCEGAHAN MEROKOK
AbstrakLatar Belakang: Rokok adalah salah satu produk tembakau yang dimaksud untuk dibakar dan dihisap atau dihirup asapnya. Pengendalian dilakukan dengan mencantumkan peringatan kesehatan dalam bentuk gambar dan tulisan, iklan rokok di media cetak diletakkan di sampul depan atau belakang media cetak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa perokok pada iklan bahaya rokok dan implementasi pada perilaku pencegahan merokok. Metodologi: Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa perokok. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber terdiri dari teman sebaya perokok dan ahli media. Analisis data menggunakan Miles Huberman. Hasil Penelitian: Iklan bahaya rokok pada bungkus rokok dapat menarik perhatian dilihat dari isi pesan iklan bahaya rokok, sehingga dapat menimbulkan minat merokok. Hasrat informan pada iklan bahaya rokok terbagi menjadi dua pola persepsi positif dan negatif. Iklan bahaya rokok dapat memberikan keputusan informan utama untuk merokok dan berhenti merokok. Upaya perilaku pencegahan yang dilakukan informan FIKES dan Non FIKES berbeda. Informan memiliki faktor sosial yang mempengaruhi perilaku pencegahan dan proses perubahan perilaku pada mahasiswa perokok. Kesimpulan: Iklan bahaya rokok pada bungkus rokok dapat menarik perhatian, minat, hasrat, menarik keputusan, melakukan upaya perilaku pencegahan merokok, faktor sosial dan tahapan perubahan perilaku pada mahasiswa perokok.
Abstrak (Inggris)Background: Cigarettes are one of the products of tobacco meant to be burned and sucked or inhaled its smoke ascended.Control done with provide health warnings in drawings and writing, cigarette advertising dimedia print not put on the cover of the front or back print.The purpose of this research to know perception students smokers in advertisements danger of smoking implementation on conduct prevention smoking. Methods: This qualitative study uses a descriptive approach. The subjects of study is students smokers. Triangulation used is triangulation of source  consisting of their peers smokers and media experts. Data analysis using Miles Huberman. Result: Advertising the danger of cigarette on cigarette packaging to attract the attention was seen from the message and display advertising, cause interest to smoke. The desire of the informants to make efforts in prevention smoking and the contents of advertising affect desire to smoke. Advertising danger of cigarette can make main informants to decide to smoke. Informants have social factors influence the behavior of informants and stages of change behavior in students smokers. Conclusion: The dangers of cigarette advertising on cigarette packaging can attract attention, incurring interest , desire , decision , efforts in behavior smoking prevention , social factors and stages of behavior changes on student smokers.
Kata KunciAttention, Interest, Desire, Decision, Action, Student
Nama Pembimbing 1ELVIERA GAMELIA, SKM, M.KES
Nama Pembimbing 2SITI MASFIAH, SKM, M.KES, M.A
Tahun2017
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0469 seconds.