View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1I012048
Nama MahasiswaILFI REKA ALFI YARTI SYABEH
Judul ArtikelPeran UNESCO Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan Dasar dan Menengah Bagi Perempuan di India Tahun 2012-2015
AbstrakAbstrak Penelitian yang berjudul “Peran UNESCO Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan Dasar dan Menengah Bagi Perempuan di India Tahun 2012-2015” akan menganalisa terkait permasalahan kesetaraan akses pada pendidikan dasar dan menengah bagi perempuan di India dan bagaimana UNESCO sebagai organisasi internasional yang mewadahi negara tersebut membantu mengatasi permasalahannya di tahun 2012 – 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana UNESCO menjalankan fungsinya untuk membantu India dalam meningkatkan akses pendidikan dasar dan menengah bagi masyarakat perempuannya dari tahun 2012 hingga 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder dan dokumentasi, serta terbatas pada masalah peran dari salah satu struktur organisasi UNESCO yang bernama Education Sector/ Unit. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permasalahan kesetaraan akses pada pendidikan dasar dan menengah bagi perempuan di India disebabkan oleh faktor sosial budaya, ekonomi dan pemerintah. Sementara itu, upaya penanganan masalah yang dilakukan pemerintah India tidak cukup untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh negara tersebut. Oleh karena itu, pemerintah India mencari dukungan eksternal melalui kerjasama internasional dengan salah satu agensi multilateral PBB yang fokus pada sektor pendidikan yaitu UNESCO. Kerjasama internasional antara pemerintah India dan UNESCO inilah yang kemudian membawa pada peran UNESCO dalam meningkatkan akses pendidikan dasar dan menengah bagi perempuan di India tahun 2012 – 2015.
Abstrak (Inggris)Abstract The title research “Role of UNESCO in Increasing Access to Primary and Secondary Education for Indian Girls Year 2012 – 2015” would be analyzing the matter of equal access to primary and secondary education for Indian girls and how UNESCO as an international organization platform for its member country could resolve the matter in 2012 – 2015. The aims of the research are defining how UNESCO operate its function to support India in increasing access to primary and secondary education for the country’s girls in 2012 – 2015. The research is using qualitative research methods with the data collection technic of secondary data and documentation, with focusing on the role of UNESCO’s one structure organization which name is Education Sector/ Unit. The result of this research could be concluded that the matter of equal access to primary and secondary education for India girls due to social-cultural factors, economy and government. Meanwhile, the efforts made by the government of India to resolve their matter is inadequate. Hence, the government of India was looking for external supporter through international cooperation with the one of United Nations multilateral agency which focuses on educational sector specifically UNESCO. The international cooperation between the government of India and UNESCO leading to the role of UNESCO in increasing access to primary and secondary education for Indian girls year 2012 – 2015.
Kata KunciKata Kunci: India, Pendidikan, Gender, Fungsi Organisasi Internasional, UNESCO
Nama Pembimbing 1Sri Wijayanti, S.IP., M.Si
Nama Pembimbing 2Nurul Azizah Zayzda, S.IP., M.A
Tahun2017
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0527 seconds.