View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B013035
Nama MahasiswaEKA SAFITRI
Judul ArtikelMANAJEMEN OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR MINERAL KALIBACIN DI KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakObyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin merupakan salah satu alternatif wisata rekreasi yang dikelola di bawah Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas. Namun jumlah pengunjung yang datang cenderung sedikit jika dibandingkan dengan obyek wisata lain yang berada di bawah pengelolaan organisasi yang sama. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pariwisata di Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin. Sasaran penelitian adalah Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, pengelola Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin dan pengunjung. Teknik pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan produk wisata dan promosi wisata dilakukan di bawah pengelolaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas. Secara pengorganisasian, Pengelola Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin diberikan tugas operasional dalam mengurus obyek wisata. Sedangkan untuk promosi wisata masih sepenuhnya dikelola oleh dinas. Penggerakan produk wisata dan promosi wisata meliputi pengembangan dan pemeliharaan. Motivasi yang dilakukan terhadap karyawan dilakukan melalui pendekatan personal. Pengawasan yang dilakukan terhadap produk wisata dan promosi wisata di Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin dilakukan dengan pengamatan langsung, inspeksi teratur dan langsung melalui inspeksi mendadak, pelaporan lisan dan tulisan setiap hari senin, evaluasi pelaksanaan, serta diskusi dan koordinasi antara atasan dan bawahan dalam pelaksanaan suatu kegiatan.
Abstrak (Inggris)The Kalibacin Mineral Bath is one of the recreation tourism alternatives that manage by Department of Youth, Sport, Cultural and Tourism of Banyumas. But the number of visitors who come is low when compared with other tourism attractions that are manage under the same organizational management. This research aims to find out and describe the tourism management of the Kalibacin Mineral Bath in Banyumas. The method of the research is qualitative. The location of the research is the Kalibacin Mineral Bath and the object is Department of Youth, Sport, Cutural and Tourism of Banyumas, the organizers of the Kalibacin Mineral Bath and the visitors. The technique for choosing the participants is purposive sampling and accidental sampling. The result of the research in general shows that the planning of tourism product and promotion is done under the supervision of Department of Youth, Sport, Cutural and Tourism of Banyumas. The organizers of the Kalibacin Mineral Bath are only assigned to do operational matters in taking care of the tourist destination. Meanwhile, the tourism promotion is fully handled by Department of Youth, Sport, Cutural and Tourism of Banyumas. The actuating of the tourism product and promotion which consists of development and sustentance is well enough. The employees’ motivation is increased by personal approach. The controlling of tourism product and promotion in the Kalibacin Mineral Bath is done by control by observation, control by regular and sudden inspection, oral and written report every Monday and evaluation, and discussion among the managers and employees about an event using report and coordination.
Kata KunciManajemen Pariwisata, Produk Wisata, Promosi Wisata, Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin
Nama Pembimbing 1Drs. Darmanto Sahat Satyawan, M.Kes., M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Swastha Dharma, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0509 seconds.