View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D014036
Nama MahasiswaDYLA ANNISA PUTRI
Judul ArtikelPERBEDAAN EFEKTIVITAS MODUL DAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF ANATOMI DAN FISIOLOGI KARDIOVASKULER
AbstrakLatar Belakang : Kesulitan belajar materi anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler salah satunya ditandai dengan rendahnya hasil belajar kognitif. Modul dan video merupakan media belajar yang diketahui dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas modul dan video untuk meningkatkan hasil belajar kognitif anatomi dan fisiologi kardiovaskuler. Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan 30 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Responden penelitian dibagi menjadi kelompok modul dan video. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon, T-Test Berpasangan, dan T-Test Tidak Berpasangan. Hasil : Terdapat peningkatan rerata skor hasil belajar kognitif pada kelompok modul dengan nilai p-value = 0,001 dan kelompok video dengan nilai p-value = 0,000. Tidak ada perbedaan yang bermakna pada peningkatan skor hasil belajar kognitif antara kedua kelompok dengan p-value = 0,347. Kesimpulan : Modul dan video sama-sama efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler.
Abstrak (Inggris)Background : Learning difficulties of anatomy and physiology, especially in cardiovascular system, could be signed by a lower score of cognitive learning achievement. Module and video can improve cognitive learning achievement. The aim of this study is to compare the difference effectivity of module and video for increasing cognitive learning achievement of anatomy and physiology of cardiovasculer system.. Method: This study was a quasi experiment with 30 respondents. Sampling technique used quota sampling. Respondents of this research were seperated into module group and video group. Data was analyzed with Wilcoxon, Paired T-Test, and Unpaired T-Test. Result: There was an increasing average of cognitive learning achievement score in module group with p-value =0.001 and video group with p-value = 0.000. There was no significant difference improvement of cognitive learning achievement score between module and video group with p-value = 0.347. Conclusion: Module and video could increase cognitive learning achievement of anatomy and physiology of cardiovascular system.
Kata KunciHasil, Belajar, Kognitif, Modul, dan Video.
Nama Pembimbing 1Atyanti Isworo, M. Kep., Sp. KMB
Nama Pembimbing 2Arif Setyo Upoyo, S.Kp.,Ners.,M.Kep
Tahun2018
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0546 seconds.