View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D014025
Nama MahasiswaINDRI YULIANI
Judul ArtikelPENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MENSTRUASI TERHADAP KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI SD
AbstrakPENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL MENSTRUASI TERHADAP KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI SD Abstrak Indri Yuliani1, Lutfatul Latifah2, Wahyu Ikka Setyarini3 Latar Belakang: Remaja putri memiliki respon yang berbeda dalam menghadap menarche berupa reaksi positif dan negative. Pemberian pendidikan kesehatan audiovisual menstruasi dapat diberikan untuk meningkatkan kesiapan anak menghadapi menarche. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual menstruasi terhadap kesiapan menarche pada siswi SD. Metode: Penelitian menggunakan desain quasy experimental pretest and posttest with control group. Populasi pada penelitian ini yaitu 104 siswi kelas 4,5,6 SD. Besar sampel yaitu 64 responden yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan startified sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Data analisis menggunakan Chi Square dan uji Marginal Homogenity. Hasil: Karakteristik responden berusia 11 tahun, mayoritas berpendidikan SD, dan sebagian besar memiliki kakak perempuan pada kedua kelompok. Terdapat perbedaan kesiapan menarche pada siswi SD sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai signifikansi p=0,000 dan p=0,033. Tidak terdapat perbedaan kesiapan menarche antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan nilai signifikansi p=0,598. Terdapat perbedaan kesiapan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan intervensi dengan nilai signifikansi p=0,000. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual menstruasi terhadap kesiapan menarche pada siswi SD.
Abstrak (Inggris)EFFECT OF HEALTH EDUCATION WITH MENSTRUATION AUDIOVISUAL MEDIA TO THE READINESS OF MENARCHE ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS Abstract Indri Yuliani1, Lutfatul Latifah2, Wahyu Ikka Setyarini3 Background: Young women have different responses in facing menarche,it can be positive and negative reactions. The used of menstruation audiovisual as health education may be given to improve the readiness of the child in facing menarche. This study aimed to determine the effect of health education with menstruation audiovisual media to the readiness of menarche in elementary school students. Methods: The study used quasy experimental pretest and posttest with control group design. The population in this research was 104 female students from grade 4th,5th,and 6th. The sample size was 64 respondents divided into intervention and control group. Sampling technique used startified sampling. The instrument used questionnaire. Data analysis used Chi Square and Marginal Homogenity test. Results: Characteristics of respondents were 11 years old, the majority were elementary school students, and majority had older sisters in both groups.There were differences in the readiness of menarche on elementary school students before and after intervention in intervention and control group with significant value of p = 0,000 and p = 0,033. There was no difference in the readiness of menarche between the intervention group and the control group before and after intervention with significant value of p = 0,598. There was a difference of readiness between the intervention group and the control group after given intervention with significant value of p = 0,000. Conclusion: There was an effect of health education with menstruation audiovisual media to the readiness of menarche on elementary school students.
Kata KunciKata Kunci: Menarche, Kesiapan, Audiovisual Menstruasi
Nama Pembimbing 1Ns. Lutfatul Latifah, M.Kep.,Sp.Mat
Nama Pembimbing 2Ns. Wahyu Ikka Setyarini, M.Kep., Sp.Mat
Tahun2018
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0564 seconds.