View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D014018
Nama MahasiswaSITI HERDIYANTI
Judul ArtikelPENGARUH VIDEO ANIMASI “SIAP MENARCHE” TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SD TENTANG MENARCHE
AbstrakAbstrak PENGARUH VIDEO ANIMASI “SIAP MENARCHE” TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SD TENTANG MENARCHE Siti Herdiyanti1, Mekar Dwi Anggraeni2, Hartati3 Latar Belakang: Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi menarche adalah kesiapan. Kesiapan dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap yang dapat diberikan melalui pendidikan kesehatan, yaitu video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi “Siap Menarche” terhadap pengetahuan dan sikap siswi SD tentang menarche. Metode Penelitian: Desain penelitian menggunakan quasi experiment with control group pretest and posttest desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling dengan 76 responden yang terbagi atas kelompok intervensi dan kontrol. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon, Uji t berpasangan dan Uji Mann-Whitney. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan video animasi (p=0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan video (p>0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan skor posttest pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi dan kontrol (p<0,05). Kesimpulan: Video animasi berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap siswi SD tentang menarche. Kata Kunci: Menarche, Pengetahuan, Sikap, Video Animasi 1Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman 2Dosen Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman 3Dosen Jurusan Keperawatan, Prodi D III Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Abstrak (Inggris)Abstract THE EFFECT OF ANIMATION VIDEO “READY TO MENARCHE” TOWARD KNOWLEDGE AND ATTITUDE ABOUT MENARCHE AMOUNG ELEMENTARY SCHOOL STUDENT’S Siti Herdiyanti1, Mekar Dwi Anggraeni2, Hartati3 Background: One of the factors that could affect menarche is readiness. Readiness could be affected by knowledge and attitude, and it can be given by health education. This research’s aim is to know the effect of animation video “ready to menarche” to knowledge and attitude of the female elementary school students about menarche. Method: This study used research design with quasi experiment with control group pretest and posttest. Sampling technique used convenience sampling with 76 respondent and it seperated into intervention and control group. Data was analyzed with Wilcoxon, paired t test and Mann-Whitney. Result: The results showed that the knowledge and attitude in intervention group after watched animation video (p=0,000). However, there was no significant increasing of knowledge and attitude in control group (p>0,05). Then, there was significant differences between intervention and control group in knowledge and attitude (p<0,05). Conclusion: Animation video well affected to knowledge and attitude of the female elementary school students about menarche. . Keyword: Menarche, Knowledge, Attitude, Animation video. 1Student of School of Nursing, Faculty of Health Sciences, University of Jenderal Soedirman. 2Lecturer of School of Nursing, Faculty of Health Sciences, University of Jenderal Soedirman. 3Lecturer of School of Nursing, and Nursing Vocational Program, Politechnic of Health Ministry Semarang.
Kata KunciKata Kunci: Menarche, Pengetahuan, Sikap, Video Animasi
Nama Pembimbing 1Ns. Mekar Dwi Anggraeni, M. Kep., Ph.D.
Nama Pembimbing 2Ns. Hartati, S. Kep., MM
Tahun2018
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0705 seconds.