View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C011016
Nama MahasiswaCHRISTY NOVI T PURBA
Judul ArtikelPreferensi Konsumen Terhadap Pembelian Beras Kemasan di Purwokerto
AbstrakBeras kemasan yang beredar di pasaran relatif banyak dengan merek yang bervariasi. Beras kemasan masih sering dianggap untuk kalangan menengah ke atas karena harga yang lebih tinggi daripada beras curah. Harga yang tinggi juga dirasakan oleh pembeli beras kemasan. Namun, pembelian tetap dilakukan. Penelitian terhadap preferensi konsumen perlu dilakukan. Hal ini guna mengetahui alasan dasar dari pembeli dalam memilih produk. Preferensi konsumen penting bagi pemasar untuk dapat mengambil langkah strategis dalam kegiatan pemasaran produknya. Preferensi konsumen terhadap pembelian beras kemasan yang di Purwokerto dilakukan di tiga pasar modern, yaitu Rita Isola, Moro, dan Rita Pasaraya dengan metode judgment sampling. Lokasi ini mendistribusikan beras paling banyak dengan varian merek beras yang lebih dari 20 merek dan varietas, serta dikunjungi oleh banyak pembeli setiap harinya. Atribut dalam menentukan preferensi pembelian beras kemasan ditentukan sebanyak 6 atribut, yaitu aroma, warna, rasa, kebersihan, harga, dan ukuran kemasan beras, dari 12 atribut yang ditawarkan kepada responden. Keenam atribut yang ditawarkan kemudian membentuk 16 kartu kombinasi acak yang kemudian menjadi pilihan responden terhadap preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan preferensi konsumen terhadap pembelian beras kemasan di Purwokerto berupa beras yang beraroma beras alami, memiliki warna putih bersih tapi tidak mengkilat, rasa pulen, bersih tanpa campuran benda lain baik batu atau kulit beras, berada di harga lebih dari Rp80.000, dan beras dengan kemasan berukuran 5kg.
Abstrak (Inggris)The packaged rice on the market is increasing with more varied brands. Packaged rice is still often considered for the upper middle class because of higher prices than bulk rice. High prices are also felt by buyers of packaged rice. However, purchases are still made. Research on consumer preferences needs to be done. This is to find out the basic reason for the buyer in choosing a product. Consumer preferences are important for marketers to take strategic steps in marketing their products. Consumer preference for the purchase of packaged rice in Purwokerto was carried out in three modern markets, namely Rita Isola, Moro, and Rita Pasaraya with judgment sampling method. This location distributes the most rice with a rice brand variant of more than 20 brands and varieties, and is visited by many buyers every day. Attributes in determining the purchase preferences of selected packaged rice were 6 attributes, namely aroma, colour, taste, hygiene, price, and size of packaging rice (netto) from the 12 attributes offered to respondents. The six attributes offered then form 16 random combination cards which then become respondents' choices on consumer preferences. The results showed that consumers' preference for the purchase of packaged rice in Purwokerto in the form of ordinary rice-flavored rice, had a clean white color but was not shiny, fluffy, clean without mixture of other objects either stone or rice husk, was priced at more than Rp. 80,000, and rice with a 5kg package.
Kata Kuncipreferensi, konjoin
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Teguh Djuharyanto, M.P.
Nama Pembimbing 2Ratna Satriani, S.P., M.Sc.
Tahun2018
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0492 seconds.