View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1F011011
Nama MahasiswaTHEA WIDI INDIANI
Judul ArtikelEvaluasi Penerapan Standar Pelayanan Farmasi Klinik Pada Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Ananda Purwokerto
AbstrakPelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan langsung yang diberikan Apoteker kepada pasien dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalkan risiko terjadinya efek samping karena obat, untuk tujuan keselamatan pasien sehingga kualitas hidup pasien terjamin. Penelitian ini bertujuan Untuk melakukan evaluasi mengenai penerapan pelaksanaan standar pelayanan farmasi klinik di Rawat Inap Rumah Sakit Ananda Purwokerto dan Mengetahui gambaran pelaksanaan standar pelayanan farmasi klinik di Rawat Inap Rumah Sakit Ananda Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam pada informan. Populasi adalah semua apoteker yang bekerja di RS Ananda Purwokerto. Sampel merupakan apoteker farmasi klinik. Dari 11 kegiatan pelayanan farmasi klinik, RS Ananda melaksanakan 7 kegiatan. Pelayanan farmasi klinik di RS Ananda yang dilaksanakan terdiri dari pengkajian dan pelayanan resep, penelusuran riwayat penggunaan obat, pelayanan informasi obat, pemantauan terapi obat, konseling, visite dan monitoring efek samping obat, Sedangkan yang belum dilakukan adalah, rekonsiliasi obat, Evaluasi Penggunaan Obat (EPO), dispensing sediaan steril, dan pemantauan kadar obat dalam darah.
Abstrak (Inggris)Clinical pharmacy services are direct services provided by Pharmacists to patients in order to improve therapeutic outcomes and minimize the risk of side effects due to drugs, for the purpose of patient safety so that the quality of life of patients is guaranteed. This study aims to evaluate the implementation of the implementation of clinical pharmacy service standards at the Inpatient Hospital of Ananda Purwokerto Hospital and to find out the description of the implementation of clinical pharmacy service standards at the Inpatient Hospital of Ananda Purwokerto Hospital. This study uses a qualitative method. Data sources used in this study are primary data, namely data obtained from the results of in-depth interviews with informants. The population is all pharmacists who work at Ananda Purwokerto Hospital. The sample is a clinical pharmacist pharmacist. Of the 11 activities of clinical pharmacy services, Ananda Hospital carried out 7 activities. Clinical pharmacy services at Ananda Hospital carried out consisted of assessment and prescription services, tracing drug use history, drug information services, monitoring drug therapy, counseling, vision and monitoring of drug side effects, while those not yet done were drug reconciliation, Evaluation of Drug Use dispensing sterile preparations, and monitoring drug levels in the blood.
Kata KunciEvaluasi, Pelayanan Farmasi Klinik, Rumah Sakit Ananda
Nama Pembimbing 1Nia Kurnia, M.Sc., Apt.
Nama Pembimbing 2Ika Mustikanigtias, M.Sc.,Apt.
Tahun2018
Jumlah Halaman6
Page generated in 0.0611 seconds.