View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L014003
Nama MahasiswaIZHAR ALLESSANDRIA MARDINI
Judul ArtikelThe Effect of Accountability, Transparency, and Service Quality Toward Loyalty of Zakat Payers
AbstrakZakat dapat menjadi sumber pendapatan negara yang signifikan. Ini bisa terwujud jika umat Islam di Indonesia taat dalam membayar zakat. Selain itu, lembaga zakat yang bertugas mengelola zakat harus jujur, transparan, dan akuntabel dalam mengelola zakat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pembayar zakat (muzakki). Namun pada kenyataannya, hingga saat ini masih ditemukan kekurangan potensi pembayaran zakat di Indonesia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan loyalitas pembayar zakat yang akan meningkatkan pengumpulan zakat, seperti akuntabilitas, transparansi, dan kualitas layanan yang diterapkan oleh organisasi manajemen zakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pembayar zakat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada pembayar zakat di organisasi pengelola zakat di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Ada 100 responden yang mengisi kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas, transparansi, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pembayar zakat.
Abstrak (Inggris)Zakat can become a significant source of state revenue. This can be realized if the people of Islam in Indonesia obedient in paying the zakat. Besides, the zakat institution in charge of managing the zakat must be honest, transparent and accountable in managing the zakat so that can increase the confidence of zakat payers (muzakki). But in reality, until this time there are still found a lack of potential for the payment of zakat in Indonesia. There are several factors that lead to loyalty of zakat payers that will increase zakat collection, such as accountability, transparency, and service quality applied by zakat management organization.This study aims to examine the effect of accountability, transparency, and service quality toward loyalty of zakat payers. This research is a quantitative study with primary data from questionnaires distributed to zakat payers of zakat management organization in Purwokerto. Sampling technique uses a convenience sampling method. There are 100 respondents that fulfilled questionnaires. Data analysis technique used is multiple regression analysis.The results of this study indicate that accountability, transparency, and service quality have a significant and positive effect toward loyalty of zakat payers.
Kata KunciAccountability, Transparency, Service Quality, Zakat Payers Loyalty
Nama Pembimbing 1Prof. Drs. Bambang Agus Pramuka, M.Acc, Ph.D, Ak
Nama Pembimbing 2Dr. Negina Kencono Putri S.E., M.Si., Ak
Tahun2019
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0621 seconds.