View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C005070
Nama MahasiswaGANDI PRINANTA
Judul ArtikelKREATIVITAS IKLAN ROKOK A MILD DI TELEVISI DALAM PERSEPSI SISWA SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO
Abstrak Berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia perihal iklan produk rokok, disyaratkan bahwa iklan rokok tidak boleh menunjukkan produk berupa rokok dalam iklan tersebut, juga iklan rokok harus disertai peringatan pemerintah tentang bahaya merokok. Sehingga perusahaan rokok berusaha menayangkan iklan rokok terutama di televisi dengan kreatifitas yang tinggi agar dapat ditayangkan kepada pemirsa mengenai maksud dan tujuan iklan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreativitas iklan rokok A mild di televisi dalam persepsi siswa SMK Wiworotomo Purwokerto. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Wiworotomo Purwokerto. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah dipilih secara acak, sedangkan Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang dijabarkan dari hasil perhitungan terhadap 4 dimensi yang menjadi parameter Kreativitas Iklan Rokok Televisi yaitu Visual, Audio, Jingle dan Durasi, menunjukan bahwa dari dimensi visual mayoritas setuju responden menyukai tampilan (visual) iklan (televisi) A Mild, menikmati tampilan iklan televisi A Mild, Adegan (visual) iklan (televisi) A Mild mudah diingat, dan Adegan (visual) iklan (televisi) A Mild ekslusif dan berkelas. Dari dimensi Audio mayoritas responden menyatakan audio iklan A Mild di televisi mampu menarik minat responden untuk mendengarkan iklan tentang rokok A Mild lebih lanjut dan kreativitas iklan A Mild menarik perhatian responden. Dari dimensi Jingle bahwa mayoritas responden menyatakan jingle iklan A Mild sudah mampu menarik minat responden untuk menonton iklan atau dengan kata lain kreativitas iklan A mild dari sisi jingle tersebut mampu menunjukkan perbedaan dengan iklan merek rokok lain dan mampu melibatkan konsumen untuk menyimak dan mendengarkan informasi yang ditunjukkan sebuah iklan pada merek yang diiklankan. Dari dimensi Durasi bahwa mayoritas responden menyatakan setuju bahwa responden durasi Iklan televisi A Mild tidak berlebihan, tidak bermasalah dengan durasi iklan televisi A Mild, dan durasi Iklan televisi A Mild informatif. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah: Bagi para staf kreatif Produk A Mild PT.HM. Sampoerna Tbk dalam meningkatkan aktivitas komunikasi pemasaran selalu berusaha untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang ditawarkan dengan melakukan peningkatan dalam hal pengetahuan produk, serta kreativitas dalam mengatur etika beriklan di televisi.
Abstrak (Inggris)According to the regulations in force in Indonesia regarding advertising tobacco products, require that tobacco advertising should not be showing the product in the form of cigarette ads, cigarette ads also must be accompanied by government warnings about the dangers of smoking. So the tobacco companies try to show cigarette advertising on television, especially with high creativity that can be displayed to the audience about the intent and purpose of the ad. The purpose of this study to find out how creativity A mild tobacco advertising on television in student perception of SMK Wiworotomo Purwokerto. Objectives of this study were students of class XI at SMK Wiworotomo Purwokerto. The method of research using quantitative descriptive method. Selection of informants using simple random sampling technique. Method of data collection by field studies by distributing questionnaires to the respondents who had been randomly selected, while the data analysis techniques used in this study is a quantitative analysis techniques. The results were derived from the results of the calculation of the 4-dimensional parameter Cigarette Advertising Creativity Television namely Visual, Audio, Jingle and duration, showed that the majority of the visual dimension of respondents agreed liked the look of (visual) advertising (television) A Mild, enjoying the view of television advertising A Mild Scenes (visual) advertising (television) A Mild memorable, and Scenes (visual) advertising (television) A Mild exclusive and classy. From the dimensions of the majority of respondents expressed Audio A Mild audio ads on TV could attract respondents to listen the advertisements about the A Mild cigarette more and advertising creativity A Mild attract respondents. Of dimensions that the majority of respondents stated Jingle, jingle A Mild was able to attract respondents to watch ads or in other words A mild creativity of the advertising jingle was able to show the difference with other cigarette brand advertising and able to engage consumers to listen and listen to the information shown an ad on the brand being advertised. From the dimensions of duration that the majority of respondents agreed that the respondent time TV ads A Mild is not excessive, it is not a problem with the A Mild television commercial time, and duration of TV ads A Mild informative. The suggestions from the research are: For the creative staff of Product A Mild PT.HM. Sampoerna Tbk to improve marketing communications activities are always trying to maintain and improve the quality of services offered by an improvement in terms of product knowledge, and creativity in managing ethics advertise on television.
Kata KunciKreativitas iklan, persepsi
Nama Pembimbing 1Agus Ganjar Runtiko, M.Si
Nama Pembimbing 2Mite Setiansah, M.Si
Tahun2005
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0614 seconds.