View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1E018014
Nama MahasiswaHANIFAH PUSPANINGTYAS
Judul ArtikelA CASE STUDY OF ENGLISH TEACHING METHODS IMPLEMENTED IN AN INCLUSIVE CLASSROOM IN THE SECOND GRADE OF SMP PERMATA HATI PURWOKERTO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2022/2023
AbstrakLatar belakang penelitian ini adalah pentingnya metode pengajaran bahasa inggris dalam proses pembelajaran di kelas inklusi baik untuk siswa maupun guru. Penggunaan metode pengajaran dapat menjadi faktor penting bagi siswa untuk membantu mereka mencapai hasil belajar dan memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui metode pengajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto, tentang bagaimana guru menerapkan metode tersebut melalui proses belajar mengajar, dan apa saja tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan metode di kelas inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Data dari teknik tersebut ditulis dalam bentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode pengajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh guru di kelas inklusif adalah metode terjemahan dan audio-visual (2) penerapan metode pengajaran adalah dengan sesi pendampingan satu lawan satu antara guru dan siswa (3) Kurangnya kolaborasi orang tua merupakan tantangan dalam penerapan metode pembelajaran.
Abstrak (Inggris)The background of this research was based on the importance of English teaching methods in a learning process in an inclusive classroom because learning English in an inclusive classroom is challenging both for students and teacher. The use of teaching methods can be an important factor for students to help them achieve learning outcomes and understand the content of the course. Because of this condition, the researcher conducted research to find out the teaching methods used in learning English in an inclusive classroom at SMP Permata Hati Purwokerto, the implementation of those methods through the teaching and learning process, and the common challenges faced by the teacher in implementing the methods in an inclusive classroom. This is a qualitative case study research. Data were obtained through interview and observations. The data from those techniques were written in the form of descriptions. The result of this research were (1) the English teaching methods used by the teacher in an inclusive classroom are translation and audio-visual methods (2) the implementation of the teaching methods is by one-on-one session between teacher and student (3) Fewer parents’ collaboration is the challenge in implementing the teaching methods.
Kata Kunciimplementasi, kelas inklusi, metode pengajaran Bahasa Inggris, tantangan
Nama Pembimbing 1Muhamad Ahsanu
Nama Pembimbing 2Nisa Roiyasa
Tahun2023
Jumlah Halaman2
Page generated in 0.0505 seconds.